Liga medika telah selesai!!! yap akhirnya salah satu kerja besar anak kedokteran UI udah selesai (meskipun masih menyisakan beberapa kerjaan doang sih.. hehe). Setelah dipikir-pikir selama 1 minggu ini – liga medika dilaksanakan dari tanggal 19-26 Juli 2008 – gw cuma tidur paling maksimal selama 4 jam tiap malem, haha, ngapain aja sih emangnya? well ada beberapa hal yang membuat gw luar biasa aktif

  1. Panitia Transport merangkap LO merangkap Humas Liga Medika
  2. Pemain MiniSoccer FKUI B
  3. LKMM wilayah 2 ISMKI (i’ll talk about this later)

Methodist’s case

haha, ini adalah awal dari kurangtidurnya gw di ligmed ini, alkisah pada suatu malam yang tenang pada tanggal 14 Juli dimana angin berembus semilir dan bulan sempurna purnama tiba-tiba datang godzilla mengamuk RAWRRR.. hape gw tiba2 meraung-raung pertanda SMS, “jun ada masalah gawat tentang liga medika, kumpul di rumah piqy sekarang juga”. abis baca, kontan langsung liat jam tangan gw, sekarang jam 12 malem, eung, ada masalah apa coba sampe sepenting ini harus kumpul dadakan? langsung lah gw kebut ke rumah piqy, dengan harapan mudah2an bukan masalah yang fatal

yep, memang bukan masalah fatal, tapi masalah luar biasa fatal! ternyata terjadi kesalahan dari oknum humas berinisial AR,kita sebut saja parjo, yang menyebabkan satu tim peserta kita yang terhormat dari sumatra utara, bakal dateng besok, luar biasa bgt dah, padahal ligmed baru mulai tanggal 19, kok mereka datengnya tanggal 15? mo nginep dimana coba? masalah diperkeruh dengan lepastangannya parjo dari masalah ini baik tanggungjawab maupun dana maupun tetekbengek lainnya meninggalkan PJ humas yang berinisial AAVPDL (buset inisial ato merek batere ini?) jungkir balik, dan juga anak transpor salto-salto mencari bus buat transpor jam 2 pagi dan tentunya juga penginapan buat mereka semua

untungnya masalah berakhir dengan hasil baik-baik saja, transpor dan penginapan mereka beres-res-res meskipun selesainya jam 3 pagi (euy, bade kudeta dimarana teh?) menyisakan mata sembap kurang tidur, gw sendiri akhirnya sama sekali gak tidur sampai jam 1 siangnya, menjemput peserta dan mengantar ke penginapannya juga.. berikut cuplikan pembicaraan via telpon dengan peserta yang berhasil gw inget..

scene: telepon 1
AAVPDL : halo..? (masih nyantai)
perempuan1 : ELO TUH YA DASAR PANITIA GAK BERTANGGUNG JAWAB.. KIUT KIUAOT KIIIYYYOORT KEUEOIUT.. BRAKK, tut tut tut..
AAVPDL : …. (terdiam, berusaha untuk sepenuhnya tersadar, jurig mana yang barusan teriak2 sama dia di telepon?)

scene: telepon 2
AAVPDL : hhhhaaallloooo? (agak ketakutan)
perempuan 2 : halo, bisa bicara dengan AAVPDL? ini AAVPDL ya? (tutur kata sopan santun)
AAVPDL : betul, dengan siapa saya bicara? (tenang karena merasa aman)
perempuan1 : ELO TUH YA DASAR PANITIA GAK BERTANGGUNG JAWAB.. KIUT KIUAOT KIIIYYYOORT KEUEOIUT.. BRAKK, tut tut tut..
AAVPDL : aduh biyung.

scene: bandara penjemputan
juno: (nah tuh kayaknya peserta yang harus gw jemput deh.. samperin ah!!! tukutukututk..)
juno: selamat siang kak, peserta liga medika bukan? (menyodorkan tangan untuk salaman)
lakilaki1: (menghembuskan sigaret yang dia hisap layaknya mafia) SELAMAT SIANG BUNG bagaimana kabar daerah kaum Republiken yang dikuasai kaum Nederlaand di Medan Area?
juno: bbbbaiikkk…

Transport harian

well, yang ini jauh lebih berat karena membutuhkan endurance dan kesabaran, total jenderal harus kerja selama 10 hari 24 jam nonstop, karena emang para peserta harus dianter jemput. gw pengen ngucapin salut dan kata-kata hebat untuk tim transpor kita yang kerja nonstop, ada gw, mogi dan evans, beneran dah kita bertiga tri mas getir luarbiasa! haha

serunya di sini, gw jadi ketemu banyak temen dari mulai syiahkuala, metodhis, andalas, sriwijaya, sultanagung, diponegoro, negeri solo, gajahmada, maranatha, UII, brawijaya, muhamadiyah malang, muslim makassar, udayana (eung, minta dianter ke pure loh mereka).. dngan logat mereka dan tentunya bahasa daerah masing-masing.

…..(di stasiun senen ngjemput anak UNS)
mas-mas1 : wah mas juno, nggak muat ini busnya gimana?
juno : yo wis, yen ora muat, sopo arep melu mobilku? (sok njowo)
mas-mas1 : lho, mas juno saget wicara jawi?
juno : nggih, saget
mas-mas1 : BLA BLA BLA (ngmong pake bahasa kromo yang gw gak tau apa bentuknya.. haha)
juno : …. (terdiam), kita ngomong pake bahasa indonesia aja ya.. hehe

Transport Artis

yak inilah salah satu kenapa gw merelakan diri gw menjadi anak transport, karena pasti akan nganter jemput artis yang main, hehe.. gw jadi kenal sama efek rumah kaca – kholil yang low profile, adrian yang entah mengapa in derilium state terus, sama akbar yang bersahaja ngejelasin album baru mereka yang dalam pengerjaan “kamar gelap”- SORE ze band – melihat semua dari anda tidak ubahnya melihat orkestra ibukota post 1960an hehe, keep up the good work- Pure Saturday!! – kang Iyo yang ternyata masih inget gw!, akang udhi dan adhi yang mirip (emang kaka adek jun), kang arief, dan ade sukses yak.. sayang kang suar ga dateng..

Last but not least, tim FKUI B minisoccer

aduh sebenernya gw gak enak bgt karena gw sebagai anggota tim harusnya bisa memposisikan diri gw sebagai pemain sepenuhnya yang harus istirahat dan fit pada waktu pertandingan,, tapi ternyata gw justru gagal konsisten dan malah membuat blunder-blunder gak penting tapi berakibat fatal,, maafin gw ya,, terutama untuk insiden salah pergantian pemain itu, gw minta maaf banget ta.. hiks,, aniway gak pa pa,, tim FKUI A ternyata berhasil lolos ke semifinal!! ihiy

Netherlands revival

Juni 18, 2008

Hmm, sebenernya ini tulisan iseng-iseng aja mau mengomentari kemenangan Belanda atas Italia (ihiy, gefeliciteerd jij oranje!!) 3-0 tadi malem.. Kelihatan banget evolusi sepakbola Belanda dari masa-masa yang lalu sampai akhirnya ke era Van Basten yang mampu memukul juara dunia Italia dengan skor gak main-main, tiga gol tanpa balas.. Yah sekali-kali, ngbahas negara kumpeni ini gak pa pa lah ya,, gw masih nasionalis ini,, hehe

European Champion 1988 – 4th place Coupe du Monde 1998

Kenapa Piala Eropa gw pilih sebagai titik pertama acuan tulisan ini? simpel aja, itu adalah waktu terakhir Belanda menang turnamen besar. MEskipun waktu itu Belanda tampil biasa aja di group stage, pada knock out stage, mereka justru tampil kesetanan sampai akhirnya jadi juara. Komposisi belanda didominasi oleh pemain mid20an, dengan sebagian pemain di atas 30 tahun. Total Voetbal a la Cruijff jadi tontonan atraktif pemilik televisi taun kelahiran gw.. hoho

Selepas juara, belanda sempat mengalami postchampion syndrome sebelum akhirnya mengalami stagnansi. Di piala dunia 1990, belanda masih dengan semangat 88nya mengejar piala dunia, tapi sayang insiden ludah pas babak kedua melawan jerman menutup perjuangan Belanda, hal serupa juga dialami waktu Euro 1992 yang masih lebih mending lolos sampai semifinal. Piala DUnia 1994 dan Euro 1996 hanya menempatkan Belanda di perempat final.

Mungkin karena faktor regenerasi yang belum menghasilkan komposisi klop makanya Belanda susah banget mengejar prestasi di level regional maupun dunia. Masuknya Aaron Winter, Patrick Kluivert, dan Dennis Bergkamp belum bisa mengubah dominasi pemain tua hingga akhirnya sampailah pada Piala Dunia 1998. Waktu itu semua pemain Belanda mengalami kematangannya hingga banyak yang bilang, tahun 1998 adalah tahunnya Belanda.

Waktu itu gw masih inget banget starting XInya..

Van der Sar, Michael Reiziger, Jaap Stam, Frank de Boer, Arthur Numan, Philip Cocu, Edgar Davids, Dennis Bergkamp, Marc Overmars, Patrick Kluivert, Boudwijn Zenden

yap, banyak yang mengira, formasi ini adalah yang paling ideal untuk juara tapi lagi-lagi Belanda keok di semifinal, kalahnya sama Brazil pula yang dibantai 3-0 di final sama prancis,, hadud

Setelah itu sampai Euro 2008

Kalah di PD 1998, Belanda mengalami stagnansi gila2an, puncaknya waktu mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2002. Waktu itu gw sempet bingung, apa ni negara dikutuk gara2 tiga setengah abad ngejajah Indonesia ya? hehe, di tengah kekecewaan itu, dan permainan yang gak berkembang2 bahkan lebih mengarah ke possessive football, tiba-tiba gw dicengangkan di tahun 2003 ketika Belanda memanggil pemain2nya yang masih belasan tahun buat melawan Jerman (seperti biasa, tim tua Jerman itu.. haha).. Gw sempet mikir, ni negara udah nyerah apa ya? tapi ternyata hasilnya diluar dugaan, hasil akhirnya justru imbang! dari pertandingan inilah, muncul generasi baru yang anggotanya ada Sneijder, Venegoor of Hesselink, Robben, van der vaart, Heitinga, Huntelaar, Stekelenberg, van Persie.

Perkembangan permainan mereka luar biasa banget, Meskipun di Euro 2004 dan World Cup 2006 yang penuh dengan keantiklimaksan, mereka lagi-lagi kalah. nah sekarang udah 2008, harusnya mereka semua udah matang dan bisa diukur dengan juara turnamen!

Mari kita lihat, di babak Kualifikasi Euro, mereka menjadi juara grup dengan tidak pernah kalah. Lanjut, di babak grup C yang kata orang grup neraka, Mereka justru mengalahkan Italia 3-0, Prancis 4-1, dan Rumania 2-0 (lapis kedua malah). Yang menjadi catatan adalah, mereka tidak memainkan pola klasik 4-3-3 mereka tapi malah 4-2-3-1 yang mirip dengan formasi Italia,dan gol-gol mereka semua dihasilkan oleh counter attack (baca: kerja sama tim) yang rapi atau skill individu yang bisa dipertanggungjawabkan. Gak keliatan tuh Robben yang lari sendirian, Nistelrooij yang nendang asal-asalan, posesif futbol yang bikin orang males nonton bola. Bola mengalir terus dan permainan pun jadi enak untuk ditonton.

Kalo disimpulkan ada faktor yang membuat permainan meneer2 ini jadi bagus. pertama, adanya penyerang yang dimainkan adalah tipe bomber yang bisa dijadikan post player, yaitu Van Nistelrooij, Huntelaar, dan Jan Venegoor of Hesselink. kedua, lapis keduanya (baca: bahasa winningnya Second Top, hehe) terdiri dari Offensive Midfielder yang bisa berperan ganda, winger sekaligus penyerang lubang. Diperankan dengan baik oleh Robben, Van der vaart, Sneijder, van Persie, Kuijt, Babel, dll. ketiga, Holding midfielder raksasa ato paling nggak yang berbodi besar yang dari dulu gak pernah Belanda punya setelah Gullit. masa holding midfielder badannya segede Winter 172cm, ato Davids 168cm, Ronald De Boer 174cm, Cocu 174cm ya susah ngembangin permainan lah, orang bolanya gampang kerebut. di sini ada Engelaar, dan De Zeeuw, keempat pola permainannya memungkinkan counter attack yang rapi, atau bahkan permainan menusuk yang keren juga.

kalo konsistensi ini bisa terus dipertahankan, siapa tau Belanda bisa mengulang sejarah 20 tahun lalu? siapa tahu, sekalian memenuhi haus gelar tuh!! sekarang waktunya membuktikan bahwa Belanda bukan “Champion without crown” haha

MU juara!

ihiy, setelah perjuangan lama untuk merebut kembali supremasi tertinggi di kancah eropa, akhirnya MU kembali menjadi juara liga Champions.. the cup itself return its finest home.. haha, MU baru juara 3 kali,emang masih jauh sih dari scousers liperfool yang udah 5 kali tapi hey! kita tak terkalahkan di sini, paling tidak untuk 2 tahun ke depan, bukan gak mungkin, MU bakal jadi juara lagi di UCL dan EPL hingga melewati rekor liverpool (rekor EPL, liverpool 18 kali, MU 17 kali, rekor UCL 5 kali, MU 3 kali)

Gw gak bakal nulisin banyak gimana serunya malam ketika gw nonton bareng temen2 sendiri yang gila-gilaan mendukung Chelsea sedangkan gw bisa dibilang segelintir pendukung MU yang salah tribun tempat duduk.. karena gw bingung bgt nulisinnya gimana! Drama gila-gilaan! dari awal scholes mimisan, hargreaves bedarah2, drogba dikartu merah, ronaldo ketepis penaltinya, sampe terry kepeleset!!!! wagh.. gara-gara terry kepeleset, temen gw sampe ada yang dansa bugil (lagian maksa! sapa suruh coba? makanya jangan kelewat yakin!) tapi drama yang paling terakhir ya itu si meneer van der sar menepis tendangan anelka dengan gagah berani!!! dan itu sukses membuat semua orang yang nonton terhenyak sedangkan gw dansa-dansi kayak cacing kamerun ihiy,,

momen yang tepat! itu yang gw rasa mewakili MU yang menang rabu kemarin! 50 tahun setelah tragedi munchen, 40 tahun setelah menang piala champion untuk pertama kali, 10(-1, maksa haha) tahun setelah menang piala champion untuk kedua kali. yah dengan begini chelsyit, arsundal, liperfool, dan lids ga akan bisa ngomong apa apa lagi di depan MU!

glory glory man united! performa itu sementara, kelas itu permanen! sepakbola itu gaya hidup!

ihiy!

gila,,, last night is the most breathtaking moment for united glory!!!

bayangin,,, 25 menit awal…

gw banting remote gara2 MU kebobolan 1-0 sedangkan Chelsyit unggul 2-1!!!

kampredd!! sempet udah males nonton tuh,, eh tapi masih dipaksain juga..

sempet seneng pas gw liat Kevin Nolan nyetak gol jadi 2-2 ama
chelsyit,, tapi pas gw ganti ke espn,, pas langsung golnya fernandez,,
MU kalah 2-0…

tapi,, disertai doa dan skill para pemain MU,, akhirnya,,, sedikit
demi sedikit,, MU nyetak gol.. dari O’shea,, trus ke bunuh dirinya Phil
Neville (dia ternyata masih berjiwa Red Devil juga… haha), dan late
finisher from Rooney,, blum selesai di situ,, masih ada gol tambahan
dari MU debutant,, Chris Eagles.. skor 4-2 MU,, chelsyit seri 2-2…

gapnya jadi 5 deh.. haha

glory2 MU,, selangkah lagi premiership!!