kelak untuk cucu saya

Juli 12, 2012

abhirama : kalo gue udah tua, gue bakal menetap di daerah puncak, punya peternakan sapi supaya gue bisa minum susu paling fresh seantero jagat indonesia, dan juga di sampingnya ada perkebunan kopi supaya gue bisa meramu sendiri citarasa kopi keinginan gue.

juno : lo mau bikin pabrik kopi susu bhi?

****

sepotong percakapan bukan rekaan itu pernah terjadi di ruang senat pada waktu gue tingkat dua. terdengar ngasal? pertamanya sih iya. tapi makin kesini gue makin kepikiran, gimana ya masa tua gue? mudah-mudahan sih bukan jadi pelanggan tetap klinik geriatri..

mimpi idealis gue tentang hidup dimasa tua adalah pindah dari jakarta dan hidup di kota di kaki gunung, seperti semarang, malang, atau tasikmalaya mungkin (pilihan terakhir agaknya kurang mungkin). udah ga praktek klinik lagi, tapi mungkin menjadi motor sebuah komunitas musik/budaya. atau menjadi guru? gataulah.

kota ini sudah berkembang terlalu jauh, jauh melampaui daya dukung kota tersebut. pengampu kepentingan justru mengorbankan kepentingan kota hanya untuk keuntungan segelintir pihak, tidak lagi pada penduduk, konstituen mereka. jadi gimana? kota ini gak ubahnya jadi pacuan kuda dimana penduduk2nya yang lelah hanya hidup untuk berputar dalam pusaran siklus capek macet berangkat-capek kerja di kantor-capek macet pulang-tidur.

pelan-pelan kota yang harusnya meninggalkan warna di sanubari penduduknya, justru yang menghabisi warna itu dan menggantinya dengan kekosongan. kota ini justru semakin jauh dari saudara tirinya, amsterdam, atau newyork.  mungkin saat ini gue masih bisa bertahan mengikuti ritme kota ini, lari setengah maraton, bertahan dengan kearifan yang ditanamkan semarang jauh di masa kecil gue. tapi tidak untuk masa tua gue. gue butuh kota yang lebih beradab.

pada setiap kerumitan, kamu membutuhkan rumah untuk pulang. dan anak-cucu gue pantas mendapatkannya. mengunjungi kakek yang mungkin masih cukup kuat untuk mendaki satu-dua bukit. mesti.

gimana? #ngomongkebangkukiri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s